ABSTRAK
Budhiyasa, I Nyoman. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui
Penggunaan Alat Peraga Benda Konkret Berbantuan LKS di SD Negeri 1 Nawa Kerti
Tahun Pembelajaran 2014/2015.
Adanya
kelemahan dalam melaksanakan pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa
belum maksimal. Perlu perbaikan perlakuan kepada siswa dalam pembelajaran dan
perlunya alat peraga untuk membantu mendekatkan hal-hal yang abstrak terhadap
diri siswa. Karenanya ada strategi guru untuk mempermudah pembelajaran
matematika yang dapat dilakukan dengan penggunaan media khususnya alat peraga
pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar matematika siswa kelas VI di SD Negeri 1 Nawa Kerti tahun pembelajaran
2014/2015 melalui penggunaan alat peraga benda konkret berbantuan LKS.
Penelitian
ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap
siklus terdiri atas empat tahapan yaitu
(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan,
masing-masing dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan
untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 1 Nawa Kerti Kecamatan Abang Kabupaten tahun pelajara 2014/2015 yang berjumlah
29 orang siswa terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunkan instrument
lembar observasi dan tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes
objektif sebanyak sepuluh butir. Penelitian dikatakan berhasil jika ketuntasan
belajar ≥ 65% dengan kriteria ketuntasan 63. Selanjutnya data yang dikumpulkan
dianalisis secara deskriftif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan
hasil belajar prasiklus sebesar 41,86 dan ketuntasa 0% meningkat sebesar
22,38 menjadi 64,24 dan ketuntasan meningkat sebesar 58,62% pada
siklus I. Pada siklus II, hasil belajar matematika
mencapai nilai rata-rata 70,97 mengalami peningkatan sebesar 6,72 dari
64,24. Ketuntasan belajar juga meningkat
sebesar 24,16% menjadi 82,76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat
disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga benda konkret berbantuan LKS
dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 Nawa Kerti tahun pembelajaran
2014/2015. Kepada siswa hendaknya lebih tekun mengikuti pembelajaran
sesuai dengan arahan guru. Guru hendaknya
dapat memvariasikan pembelajaran, baik media, metode, maupun strategi agar
hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Demikian juga institusi/sekolah, hendaknya
memberikan dukungan moral maupun finansial dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui
berbagai kegiatan khususnya penelitian tindakan kelas.
Kata kunci: Hasil
belajar matematika, alat peraga benda konkret berbatuan LKS.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar