Rabu, 10 Februari 2016

Abstrak PTK



ABSTRAK


Budhiyasa, I Nyoman. 2015. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Melalui Penggunaan Alat Peraga Benda Konkret Berbantuan LKS di SD Negeri 1 Nawa Kerti Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Adanya kelemahan dalam melaksanakan pembelajaran mengakibatkan hasil belajar siswa belum maksimal. Perlu perbaikan perlakuan kepada siswa dalam pembelajaran dan perlunya alat peraga untuk membantu mendekatkan hal-hal yang abstrak terhadap diri siswa. Karenanya ada strategi guru untuk mempermudah pembelajaran matematika yang dapat dilakukan dengan penggunaan media khususnya alat peraga pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk  meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI di SD Negeri 1 Nawa Kerti tahun pembelajaran 2014/2015 melalui penggunaan alat peraga benda konkret berbantuan LKS.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi/evaluasi, dan (4) refleksi. Tiap siklus dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan, masing-masing dua kali pertemuan untuk pembelajaran dan satu kali pertemuan untuk evaluasi. Subjek penelitian ini adalah siswa  kelas VI SD Negeri 1 Nawa Kerti Kecamatan Abang Kabupaten  tahun pelajara 2014/2015 yang berjumlah 29 orang siswa terdiri atas 18 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini menggunkan instrument lembar observasi dan tes hasil belajar. Bentuk tes yang digunakan yaitu tes objektif sebanyak sepuluh butir. Penelitian dikatakan berhasil jika ketuntasan belajar ≥ 65% dengan kriteria ketuntasan 63. Selanjutnya data yang dikumpulkan dianalisis secara deskriftif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar prasiklus sebesar 41,86 dan ketuntasa 0% meningkat sebesar 22,38  menjadi 64,24  dan ketuntasan meningkat sebesar 58,62% pada siklus I.  Pada siklus II, hasil belajar matematika mencapai nilai rata-rata 70,97 mengalami peningkatan sebesar 6,72 dari 64,24.  Ketuntasan belajar juga meningkat sebesar 24,16% menjadi 82,76%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan alat peraga benda konkret berbantuan LKS dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VI SD Negeri 1 Nawa Kerti tahun pembelajaran 2014/2015. Kepada siswa hendaknya lebih tekun mengikuti pembelajaran sesuai dengan arahan guru. Guru hendaknya dapat memvariasikan pembelajaran, baik media, metode, maupun strategi agar hasil belajar siswa dan kualitas pembelajaran menjadi lebih baik. Demikian juga institusi/sekolah, hendaknya memberikan dukungan moral maupun finansial dalam upaya  meningkatkan hasil belajar siswa melalui berbagai kegiatan khususnya penelitian tindakan kelas.


Kata kunci: Hasil belajar matematika, alat peraga benda konkret berbatuan LKS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar